Wisata Kedung Kayang


Obyek wisata ini berada di jalur lalu lintas Blabak – Boyolali atau di sebelah selatan Ketep tepatnya di desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan. Air terjun Kedung Kayang menyimpan panorama yang menawan dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu dengan ketinggian 400 meter dari permukaan air laut.

Air terjun yang dikenal dengan nama Kedung Kayang, menjadi salah satu obyek yang menarik karena berada di jalur SOSEBO (Solo, Selo, Borobudur). Lokasinya yang dekat dengan Gardu Pandang Ketep Pass, membuat pengunjung sekalian berkunjung ke wisata air terjun.

Memasuki area objek wisata ini hanya berupa gerbang sederhana dan banyak orang mengira itu adalah jalan menuju ke perkampungan. Gerbang objek wisata kedung kayang terdapat pada jalan membelok dan di dekatnya terdapat jalan kecil menuju ke lokasi bumi perkemahan.

Biaya untuk masuk ke objek wisata ini masih sangat murah di tahun 2011, hanya Rp 2.000/orangdan, biaya untuk parkir sepeda motor hanya Rp. 1.500

Menelusuri jalan sempit yang hanya cukup dilewati sepeda motor sejauh 100 meter dan memarkir kendaraan, tidak serta merta bisa melihat keindahan air terjun. Untuk menuju ke bagian bawah air terjun, kami harus melakukan perjalanan memutar sejauh 1 km melewati persawahan dan daerah aliran sungai.


Perjalanan menuruni tebing kami lalui dengan menuruni ratusan anak tangga yang kemudian berganti jalan tanah. Jalan tanah ini cukup sulit dilalui dengan medan menurun, licin dan kita harus pandai memilih jalan yang dilewati, jika kita tidak ingin terpeleset.


Dihari-hari biasa, air terjun Kedung Kayang memiliki aliran yang deras, terlebih lagi dengan gemuruh hantaman air dari atas tebing. Air dan udara yang sejuk sangat menenangkan hati.


Perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai dasar air terjun terbayarkan dengan keindahan alam yang dipancarkan oleh air terjun ini. wow!! pokok-nya gak nyesel deh ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Alam Bukit Bangkirai

Waterpark Purbalingga